Galbi atau Galbi-gui adalah masakan korea berupa daging iga sapi panggang yang dipotong pendek-pendek.Dalam bahasa Korea, galbi berarti iga (short ribs) atau daging yang ada di sekitar tulang iga. Terkadang, makanan ini juga bisa dibuat dengan memakai iga babi. Galbi bisa dibumbui atau dimasak tanpa bumbu. Bila dibumbui, biasanya daging iga direndam di dalam saus yang terbuat dari sari buah pir asia, arak beras, kecap asin, bawang putih, minyak wijen, dan gula. Saus ini bisa dibuat lebih pedas atau lebih jernih sesuai selera.

 

Ketika dipanggang, daging iga biasanya diiris sepanjang tulangnya. Hal ini supaya saus tadi bisa meresap ke dalam daging dengan lebih cepat, daging bisa matang lebih cepat, dan daging bisa lebih mudah dikonsumsi dengan sumpit setelah matang. Di Korea dan beberapa negara lainnya, daging iga untuk galbi yang sudah diiris telah tersedia di pasar swalayan dan toko daging.
Kalbi biasanya disajikan di rumah makan yang dikenal dengan nama galbijip (rumah galbi). Pengunjung memanggang sendiri daging galbi di atas pemanggang yang ada di masing-masing meja. Daging ini kemudian dibungkus dengan daun selada, daun perilla, atau daun sayur-sayuran lainnya. Sebelum dimakan, daging yang sudah dibungkus daun dicelupkan lebih dulu di dalam ssamjang, yakni saus yang terbuat dari campuran pasta kacang kedelai dan cabai merah.
Bahan- Bahan :
5 lbs iga (daging babi) *[kalo di Indonesia bisa pake daging sapi yang halal]
1 inci (sepotong jahe) dicacah
2 bawang putih (yang telah diparut lembut)
4 sdm bawang putih cincang
1 cangkir Gochujang ( pasta cabai )
4 sdm gula pasir
2 sdm kecap manis
3 sdm minyak wijen
1 sdt lada hitam
Cara Memasak :
1. Potong-potong iga (potong daging antara tulang iga) tempatkan dalam wadah besar,
2. Masukkan semua bumbu dan campurkan hingga iga tertutup bumbu dengan merata,
3. Tutup wadah dan dinginkan selama min. 5 jam atau lebih baik semalaman hingga bumbu meresap ke dalam iga,
4. Panggang iga dengan bara api sampai matang, bolak-balik agar tidak hangus (lama memanggang 8-10 menit per sisi)
*[Jika dimasak dalam oven, panaskan oven pada suhu 350 º. ratakan sedikit minyak ke loyang dan tempat kan iga di atasnya. Masak selama 1 jam 45 menit atau sampai daging lunak dan terlepas dari tulang]
Iklan